Lost In Bangkok Part 1

11:47:00 PM

HELLOOOOO !
HAPPY NEW YEAR !!
Senang sekali wish list aku yang Game Of Thrones Coloring Book sudah tercapai yeaaayy !! <3 <3 <3
Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya ! AMIN !

Hari ini aku akan membahas tentang pergi dadakan ke Bangkok bulan kemarin.
Ini bener-bener dadakan karena beberapa hari sebelum pergi baru dikasih tau. Rencananya hari Sabtu tanggal 19 sudah ada janji mau makan malam sama teman-teman SMA. Terus aku jadi ga bisa ikut karena pergi :(

Jadi ceritanya temen papa mama ada punya tiket PP Jakarta - Bangkok untuk 4 orang tanpa bagasi. Terus ditawarin ke kita dan mama papa pun meng 'iya' kan.
dan dimulailah perjalanan 'dadakan' ala backpacker ke Bangkok !
Sejujurnya males banget pergi karena lagi gendut banget *LOL*. Tapi ya udahlah ya mumpung sempet pergi kenapa engga hahahaha.. Bodo amat lah foto jadinya bulat-bulat :p

Nah sekarang aku mau berbagi informasi tentang perjalanan aku kemarin mulai dari sebelum pergi sampai pulang ! Semoga berguna ya informasinya :)
Berhubung yang mau aku share cukup banyak jadi akan dibagi jadi 2 part ya !

Sebelum pergi, selalu browsing terlebih dulu tentang negara yang akan dituju. Mulai mencari informasi mengenai hotel, lokasi, budaya, penduduk, keamanan, tempat wisata, panduan untuk turis, transportasi, belanja, makanan, dll. *Thanks Mr Google <3*
Setelah menemukan banyak informasi, buat itinerary perjalanan kamu ! yeaaay !

Seharusnya setelah membuat itinerary, kamu mulai hunting tiket pesawat. Tapi berhubung aku dapet rejeki nomplok, jadi aku ga ada hunting tiket pesawat :p
Kalau mau naik pesawat bagus dengan harga miring biasa harus tunggu travelfair dan pesan beberapa bulan atau 1 tahun sebelumnya. Tapi kalau mau pergi dadakan dengan budget terbatas, Air Asia bisa jadi salah satu pilihan. Biasa PP 1.7 juta harga promo tanpa bagasi. Kalau punya budget lebih? Silahkan cari maskapai penerbangan yang bisa kamu jangkau :D

Kemudian, baru mulai mencari hotel yang letaknya strategis dengan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Disini kamu juga harus menentukan akan stay di hotel yang sama terus-menerus atau berpindah dari hotel satu ke hotel lainnya. Buatlah senyaman nya kamu mau gimana :)
Kalau aku kemarin stay di 2 hotel yang berbeda *untuk info lebih lanjut baca sampai habis ya*

Aku mencari hotel di Bangkok melalui agoda atau traveloka *note : untuk traveloka biasanya pakai aplikasi di HP harga bisa lebih murah daripada via website*. 
Jangan lupa untuk membuka website hotel itu sendiri untuk membandingkan harga jika pesan langsung di website hotel *biasa ada yang lebih murah langsung pesan di website hotel dan suka memberikan penawaran khusus misal late check out, free wifi, dsb*
Oh iya, bisa juga mencari penginapan melalui AIRBNB karena biasa lebih murah tapi hati-hati saat memilih host ^o^
Jangan lupa buka tripadvisor yaaa ~ Web ini sangat membantu saat menentukan hotel karena banyak review orang-orang yang pernah menginap disana.

Tiket OK. Itinerary OK. Hotel OK. Selanjutnya? Duit !

Ga mungkin kan kalau pergi ga bawa duit? LOL
Kemarin waktu aku pergi 1 THB = 395 IDR.
Sebelum pergi kamu coba perkirakan sehari habis berapa disana untuk masuk tempat wisata, makan, dan transportasi. Jangan terlalu pas-pas an hitungnya ya!
Untuk makan kamu hitung juga kamu mau makan di resto atau cafe atau streetfood. Kalau kamu mau makan di resto dan cafe jelas beda pengeluarannya dengan makan di street market. Tapi kalau di Bangkok streetfood nya sih OK banget (murah + enak) ! Surga makanaan <3
Terus kamu tambahkan dengan uang jajan kamu (untuk belanja dan oleh-oleh) dan uang untuk hal tak terduga.
Menurut aku, bawa 5-7 juta IDR per orang aja cukup kok kalau untuk sekedar makan dan jalan-jalan di bangkok doang ;) Apa lagi mengingat cuma punya bagasi kabin 7 kg makin ga bisa belanja kan? Jadi segitu aja cukup beneran deh.
Tapi kalau tujuan utama kamu mau belanja barang branded atau borong 1 pasar ya bawa yang banyak karena 6 juta aja bisa abis cuma buat belanja belom buat makan dan transportasi *trust me*.

Duit BERES ! Next? Packing !

Perjalanan ini TANPA BAGASI. Jadi cuma bisa bawa barang 7 kg (kabin) saat pulang atau pun pergi. Jadi saran aku adalah jangan pakai koper karena koper untuk kabin itu biasanya paling enteng 2 kg bahkan ada yang lebih loh. Waktu pergi mungkin mikirnya 'enteng kok cuma 2 kg' tapi kalo udah pas disana 1 kg aja berharga buat bawa barang loh.
Jadi aku menyarankan untuk menggunakan tas backpack/tas gunung. Tas backpack enteng dan enak buat dibawa saat berpergian. Kalau belanja bawa tas backpack juga tinggal masukin semua belanjaan ke dalam tas jadi ga ribet bawa barang.
Aku pakai tas Royal Mountain Extreme 38L. Saat pergi, aku hanya membawa 1 celana pendek, 1 T-shirt, 7 disposable panties dan 1 non disposable (sangat disarankan menggunakan disposable panties/celana dalam sekali pakai!!), 2 bras, sabun dan krim muka yang sudah dipindahkan ke tempat kecil (perlu diperhatikan, pesawat hanya mengijinkan membawa cairan sebanyak 1 liter per orang yang telah di masukan ke dalam wadah maksimal 100 ml per produk untuk kabin), shampoo + sabun badan (ini sebenarnya bisa pakai punya hotel tapi aku takut ga cocok jadi mending bawa dari Indo), sikat gigi + pasta gigi (kadang hotel kecil ga kasih soalnya), sunblock (WAJIB).
Kenapa bawa baju dikit banget? Beli disana dong *LOL* ! Inget bagasi cuma 7 kg !

OK ! Persiapan selesai ! Sekarang tinggal bobo cantik/ganteng nunggu jadwal terbang ~

Sebelum pergi cek paspor jangan sampai ketinggalan :p
Tibalah ke bandara 2 jam sebelum keberangkatan! Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, 30 menit - 1 jam sebelum pergi ke bandara aku selalu cek GPS. Setelah cek GPS, kalau macet coba cari alternatif jalan lain kalau jalan alternatif juga macet ya udah pasrah aja sama macetnya. Berarti harus berangkat ke bandara lebih awal. Kalau aku lebih baik kecepetan daripada telat hehehehe.. Ngerti maksud aku ga? Aku kasih contohnya yaa..
Jadi misal pesawat jam 2 siang. Berarti aku jam 12 harus sudah tiba di bandara. Jarak dari rumah ke bandara 30 menit. Berarti sebaiknya aku jam 11an sudah jalan dari rumah. Nah biasa jam 10.30 an aku cek GPS dulu lihat kondisi jalanan :) Begitulah kira-kira ~

Nah sekarang mulai bahas dari day 1 - day 5 yaa ~

DAY 1 : Saturday, 19-12-2015
Tiket : Jakarta Soekarno Hatta 4.45 PM - Bangkok Don Muang 8.15 PM

Pesawat terbang On Time pada pukul 4.45 PM dan tiba di Bangkok sekitar pukul 7.55 PM
Hanya sekitar 3 jam lebih beberapa menit. Tidak selama yang tercantum pada tiket :D
Keluar pesawat lalu antri imigrasi. Antri imigrasinya untung sepi hohoho..
Setelah turun eskalator, belok kiri menuju gate No 6 untuk beli Tourist Sim Card.
Harganya 299 Bath untuk 7 Hari dan internetnya cepat juga loh !
Lebih murah jauh daripada kamu pakai kartu dari Indo :p

Setelah itu aku keluar Gate No 1 karena janjian sama pak supir (manggilnya Uncle). Perlu diperhatikan nih, daripada bayar supir dari bandara ke hotel 700 Bath *ini tarif flat supir untuk antar jemput dari/ke bandara* lebih baik naik taksi karena bisa lebih murah.
Aku pakai supir ini karena di rekomendasi sama teman mama katanya supirnya baik banget *emang baik banget sih*. Tapi untuk jalan dari bandara ke hotel aku yang pertama dekat banget ternyata cuma 200 Bath kalau naik taksi. Kalau pakai supir jadi agak rugi hehehe tapi berhubung supirnya baik ya udah lah amal :p
Supir ini juga bisa disewa harian untuk jalan di Bangkok atau keluar Bangkok (misal Pattaya). Tarifnya 2500 Bath untuk 12 jam (Bangkok) dan 3000 Bath untuk 12 jam (Luar Bangkok) (update Feb 2017 : tarif sudah naik +/- 500 Bath). Mobil yang di pakai Innova jadi bisa muat banyak daripada taksi. Kalau kamu sewa mobil dari Tour Agency biasa tarif segitu hanya untuk 9 jam saja loh. Jadi si Uncle ini termasuk murah tarifnya menurut aku. Kalau kamu mau pakai jasa supir di Bangkok bisa email aku untuk kontak Uncle nya :)
UPDATE FEB 2017 : Berhubung banyak yang email dan kadang kelewatan buat bales, jadi aku share langsung aja nomor uncle nya disini
Uncle Surasak (English Only)
LINE/WA +66818187036
Bilang aja tau dari Silvi - Jakarta

Oh iya, disini taksi murah banget ! Begitu kamu buka pintu emang langsung start di 35 Bath tapi begitu udah jalan, argo naiknya lamaaaa banget. Jadi aku rekomendasi kalau kamu pergi ber 4, mending naik taksi untuk pergi-pergi karena jatohnya lebih murah.

Untuk hotel pertama, aku memutuskan untuk stay satu malam di dekat Chatuchak Weekend Market karena hari Minggu pagi jadwal aku emang pergi kesana.
Hotel yang aku pilih C U Inn Bangkok. Sebenarnya ada pilihan hotel lain tapi si mama lebih suka liat gambar si C U Inn Bangkok ini.
Awalnya pak supir agak bingung cari lokasi hotel ini lalu dia telpon ke hotelnya nanya lokasi. Bener banget kata orang-orang di tripadvisor hotelnya jarang dikenal sama supir.
Supir di Bangkok rata-rata hanya kenal hotel-hotel besar yang terkenal jadi untuk hotel kecil mereka kurang tau karena hotel kecil di Bangkok banyak sekali.

Aku pesan hotel ini dari agoda. Proses check in nya cepat dan pegawainya baik, murah senyum, dan ramah sekali :)
Ada yang bisa bahasa mandarin juga orangnya jadi si mama papa bisa ngerti mereka ngomong.
Setelah check in, kita masing-masing dikasih fotokopi kertas alamat pasar yang terkenal di dekat hotel mereka (JJ Green Market dan Chatuchak Weekend Market) dan memberikan brosur hotel untuk ditunjukan ke taksi saat ingin kembali ke hotel.
Kita di antarkan sampai kamar dan ternyata kita dikasih connecting room sama kamar mama papa *padahal kita ga minta loh* :p
Begitu masuk kamar, aku langsung suka karena bersih kamarnya dan comfy.
Kasur dan bantalnya juga empukkkk ~
Colokannya ga pelit. Ada banyak jadi ngecas kamera dan hp bisa langsung bareng.


Ini kamar mandinya.
Semua bersih dan perlengkapan mandinya lengkap (minus sikat gigi dan pasta gigi)
yang paling aku suka dari kamar mandinya adalah HAIR DRYER !!
Hair dryer nya bagus lagi ~


Sorry gambar blurrr :(
Ini pintu masuk dan pintu connecting ke kamar sebelah.
cukup luas kan buat hotel kecil?

Minusnya dari hotel ini adalah kerangka bangunannya !
Jadi kalau ada kendaraan lewat depan hotel entah kenapa ini hotel juga ikutan goyang kasurnya karena tembok tipis dan dekat jalan tol. Masalah goyang atau berisik ini emang udah sering di komplain sama orang-orang di tripadvisor sih hahaha..
Tapi ada yang bilang ada hantunya juga O.O
Nah loh jadi yang goyang-goyangin gw malem-malem pas tidur disana siapa ya?
Serius abis dibangunin goyang-goyang itu gw kaga bisa tidur ! *mulai horor* *lupakan*

Terus mungkin aku lagi suram dapat kamarnya karena AC sama kulkas kamar aku berisik banget T__T kamar Mama Papa engga sih katanya berarti emang kamar aku aja yang begini *bukan hantu kok tenang aja itu suara AC dan kulkas* *menghibur diri sendiri*

Nah daripada horor, kita lanjut lagi bahas kegiatan hari pertama.
Setelah kita taro barang lalu kita memutuskan untuk pergi ke JJ Green Market.
Pasar ini buka tiap hari Kamis - Minggu jam 6 PM - Mid Night
Petugas hotel ngasih tau kita buat jalan kaki sekitar 10 menit *katanya*.
Yang ternyata butuh lebih dari 10 menit (20 menit ada kali T_T) karena pasarnya ada di belakang taman. Agak masuk ke dalem gitu pasarnya. Tapi waktu jalan kesana banyak yang jualan makanan-makanan sih tapi RAME banget jalanan !!
Harus jalan diantara lautan manusia dan pedagang dan harus waspada pegang tas karena di Bangkok banyak copet.
Begitu sampai JJ Green Market, hampir ga ada turis!
Kayaknya bisa diitung deh turis disana LOL.
Ternyata emang tempat ini lebih untuk ke anak muda Bangkok (orang lokal) yang nongkrong, minum-minum, atau belanja.
Pedagangnya jarang ada bisa bahasa inggris jadi kita agak kesulitan waktu pesan makanan x__x
Makanan yang ada juga banyakan sudah lebih modern.
Kalau mau beli baju, lebih baik di Chatuchak nya daripada di JJ Green ini menurut aku.
Untuk fotonya, sorry aku ga ada ambil foto disini :(
Next time aku pergi lagi aku foto deh karena kemarin itu rame bangeeettt..
Jalan aja bisa di tabrak-tabrak orang hahaha..
Mungkin karena malam minggu kali ya?

Setelah itu kita pulangnya naik taksi karena udah malam dan mama papa pangen cepat sampai hotel untuk istirahat.
Seperti biasa si sopir taksi ga tau hotel kita dimana dan untungnya si mama hafal tadi kita jalan kaki di gang mana jadi kita minta berenti di gang itu lalu jalan kaki dikit ke hotel.
Sampai hotel bersih-bersih lalu tidur dan mulailah pengalaman horor di mulai *LOL*
Good Night Bangkok !

To Be Continue ...
Sampai bertemu di Part 2 ! <3

You Might Also Like

21 comments

  1. Hi Silvi, salam kenal yah :) aku barusan baca review perjalanan kamu di BKK, mau tanya sedikit mengenai transport di BKK.

    Supir ini juga bisa disewa harian untuk jalan di Bangkok atau keluar Bangkok (misal Pattaya). Tarifnya 2500 Bath untuk 12 jam (Bangkok) dan 3000 Bath untuk 12 jam (Luar Bangkok). Mobil yang di pakai Innova jadi bisa muat banyak daripada taksi.

    Km ada rekomen supir sewaaan buat di BKK gt yah?
    Dia bisa ngomong bahasa indonesia / inggris kah?
    Aku minta kontaknya yah kl boleh :)
    Ini alamat email aku : michellemidud@gmail.com
    Thanks yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Michelle sorry baru sempat balas ^^
      Udah aku email yah coba di cek..
      thank you :D

      Delete
    2. hai sis michelle,,,aq booleh minta supir dan sewa mobil yg di pake sis lady ? rekomend ga supir dan mobilnya ?

      Delete
  2. hi silvi,salam kenal saya boleh minta contact uncle drivernya gak? trus uncle bisa ngomong bahasa indonesia atau inggris kah? kalau boleh tolong email ke aku yach meilie_wu@yahoo.co.id thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Hi silvi...lam kenal, mnt info contact uncle drivernya dong n beliau bs ngomong indonesia ga sis? Please balas ke email aku ya di hj.lia17@yahoo.com..thx

    ReplyDelete
  4. Halo Silvi, jadinya dari airport ke hotel bayar brp? Boleh dong minta nomer telepon uncle sopirnya. email ku: jhandaya@gmail.com. thanks ya.

    ReplyDelete
  5. Hi, mohon infonya mau tanya jg, sempet liat komen diatas mengenai transport di bkk. bisa tolong dishare info sewa mobil yang recommended? boleh minta kontaknya yaah? :)

    bisa direply di miladiaseptiana@gmail.com yaa


    thankyou:)

    ReplyDelete
  6. Hi Sis, salam kenal ya....
    Mohon info contact uncle drivernya ya...Please balas ke email aku ya di lv41uop@gmail.com.
    Thanks,

    ReplyDelete
  7. hai silvi,salam kenal ya.boleh minta contact person taxi nya gak ya?boleh email ke saya: nimbus_amazing@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. hai silvi,salam kenal ya.boleh minta contact person taxi nya gak ya?boleh email ke saya: nimbus_amazing@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. Salam kenal, saya juga mau dong contact number drivernya... vero_yess@yahoo.com Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Hi silvi salam kenal. Kalau mau minta contact uncle driver boleh? Ini emailku karinafebiani@gmail.com . Terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  11. Hi silvi...boleh minta conctact uncle bangkoknya...email ke ani.pawestri@gmail.com ya tx

    ReplyDelete
  12. Hy silvi boleh minta contact uncle yg sewain transport nya email aku ya
    ririn.firmansyah1933@gmail.com
    Makasih :)

    ReplyDelete
  13. hai silvi, aku boleh minta kontak driver nya mr. uncle .. email ke ayu_nurmala@yahoo.com,,
    makasi yaa say..

    ReplyDelete
  14. Silvi :D mau minta kontaknya uncle driver nya dong. tolong di email ke tessa.aulia@gmail.com ya.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  15. Hi silvi..salam kenal namaku erika..rencana minggu dpn kebangkok.kalau blh minta no telp uncle driver yg kamu ceritakan krn sepertinya orgnya baik dan bs dipercaya.bs tlg dikrmkan kealamat emailku erikasbgtj@gmail.com.tks sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Hi silvi,salam kenal. Saya boleh minta contact uncle drivernya gak? Unclenya ngomong bahasa indonesia atau inggris? kalau boleh tolong email ke aku di senorita_syu@yahoo.com thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  17. Hi silvi,salam kenal. Saya boleh minta contact uncle drivernya gak? Unclenya ngomong bahasa indonesia atau inggris? kalau boleh tolong email ke aku di senorita_syu@yahoo.com thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  18. Hi silvi salam kenal
    Boleh saya minta contact uncle drivernya? Apa dia bisa bahasa indonesia?
    Kalau boleh tolong email ke eliyanawijaya@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  19. Hi silvi salam kenal
    Boleh saya minta contact uncle drivernya? Apa dia bisa bahasa indonesia?
    Kalau boleh tolong email ke eliyanawijaya@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Powered by Blogger.